Tuesday, August 25, 2009

Facebook menurunkan kinerja?

Dalam tayangan TV beberapa hari yang lalu, kinerja suatu instansi pemerintah menurun gara-gara pegawainya asyik dengan facebook. Pimpinan instansi tersebut langsung memblokir akses untuk ber-facebook. Miris memang, disatu sisi memang asyik bisa terhubung lagi dengan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu, tapi plisssss deh mbok yo jangan pas jam kerja.

Facebook memang suatu fenomena yang menarik, hanya dalam waktu yang singkat mampu menyihir jutaan orang di dunia, sampai hp pun diklaim sudah facebook friendly. Suatu riset yang dilakukan oleh Nucleus research mengemukakan bahwa facebook menurunkan 1,5 persen produktivitas karyawan. Atau dengan kata lain kalau ada 100 orang karyawan pada saat bekerja mbuka facebook, sama dengan perusahaan tersebut kehilangan 1,5 karyawannya. terlebih sebagian besar membuka facebook tidak berhubungan dengan karyawannya.

Itu baru karyawan, belum lagi dari mulai anak SD sampai Kuliahan, kalau kita lihat entah itu di mall yang fasilitas hotspot atau dikampus, yang dibuka itu sebagian besar adalah facebook.

No comments: